Inilah Daftar Starter Pack Mendaki yang Harus Anda Perhatikan

  • Whatsapp

Indonesia terletak di garis khatulistiwa yang membuat banyak gunung ada di negara ini. Memiliki pemandangan yang bagus dan tingkat ketinggian yang berbeda-beda, banyak masyarakat yang menjadikan gunung sebagai objek wisata. Selain itu, mendaki gunung menjadi salah satu aktivitas yang banyak digemari berbagai kalangan dan usia. Tak heran jika banyak toko grosir kaos polos, oleh-oleh, dan perlengkapan pendakian di daerah dekat dengan pegunungan.

Read More

Starter Pack Mendaki

Kegiatan mendaki gunung di berbagai provinsi di Indonesia mempunyai aturan sendiri-sendiri untuk menjaga keselamatan pendaki. Selain menaati aturan tersebut, Anda harus menyiapkan barang bawaan sebelum mendaki gunung. Berikut starter pack mendaki gunung yang harus Anda persiapkan terlebih dahulu.

1. Perlengkapan khusus

Perlengkapan ini wajib dibawa mendaki dan khusus difungsikan untuk tujuan pendakian. Perlengkapan tersebut meliputi tenda (dome), tas ransel, trekking pole, matras dan alat bantu navigasi darat. Ketika Anda mendaki dengan teman atau berkelompok, tenda bisa digunakan bersamaan sesuai dengan kapasitas tendanya. Perlengkapan tersebut wajib Anda bawa ketika hendak mendaki.

2. Perlengkapan makan

Untuk menjaga stamina dan energi saat mendaki gunung, tentu Anda harus membawa bekal makanan dan minuman. Mie instan dan roti adalah sumber karbohidrat yang paling mudah untuk Anda siapkan.

Jika perlu, bawalah beras untuk kemudian dimasak ketika membutuhkan. Meskipun memerlukan waktu lama, tak sedikit pula pendaki yang melakukannya untuk menjaga stamina. Lengkapi dengan minuman segar dan berasa, tetapi air putih jangan lupa.

Selain membawa bahan makanan, pastikan Anda juga membawa alat makan dan minum. Bawalah wadah makan berupa piring plastik atau wadah bekal makan dan gelas atau tumblr. Anda juga bisa membawa kompor yang telah dirancang khusus untuk pendaki.

3. Pakaian

Apabila Anda mendaki lebih dari satu hari, pastikan untuk membawa pakaian ganti. Anda dapat menggunakan kaos polos yang mempunyai bahan lembut dan dapat menyerap keringat. Ketika Anda membelinya, jangan ragu untuk bertanya kepada penjaga toko grosir kaos polos perihal bahan kaos yang tepat untuk mendaki. Hal tersebut meminimalisir kesalahan saat membeli kaos.

Selain kaos, Anda harus membawa perlengkapan ganti berupa celana yang mempunyai bahan mudah kering. Biasanya terbuat dari bahan polyester. Bawalah topi, buff atau masker yang dapat melindungi Anda dari debu dan sinar matahari. Tambahkan barang bawaan berupa tutup kepala untuk melindungi diri dari cuaca dingin.

Pakaian yang sering dibawa pendaki memang kaos polos dengan warna cerah. Anda tidak kesulitan untuk mendapatkannya karena sudah banyak toko grosir kaos polos yang menyediakan berbagai ukuran dan jenis lengan. Hindari memakai pakaian dengan warna yang senada dengan alam sebab warnanya sulit dikenali.

Semoga artikel ini bermanfaat dan berhati-hatilah saat mendaki.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *