Inilah Doa Nabi Yunus Khusus Untuk Ibu Hamil

  • Whatsapp

surat Yunus untuk ibu hamil

Seperti yang kita ketahui, bahwa kehamilan merupakan salah satu anugerah terbesar dari Allah SWT kepada setia perempuan. Ya, setiap ibu hamil sepanjang harinya selalu mendapat doa kebaikan dari orang-orang terdekat, serta mendapat saran dari orang sekitarnya agar selalu melakukan hal yang baik, sehingga perilaku baiknya dapat menular pada sang anak.

Kehamilan dalam pandangan Islam tentunya ada banyak doa, entah itu doa yang dilakukan dengan kalimat pribadi maupun doa yang dianjurkan untuk ibu hamil pada umumnya. Seperti halnya surah Yusuf dan surah Maryam. Namun, ternyata masih ada lagi doa lainnya yang baik untuk ibu hamil, yakni doa dari Nabi Yunus. Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi megenai surat Yunus untuk ibu hamil, mending kita simak saja langsung ulasan di bawah ini.

Doa Nabi Yunus Untuk Ibu Hamil

Terdapat berbagai kisah tentang Nabi Yunus yang bisa kita ambil pelajaran dan keteladanan darinya. Salah satu kisahnya yang paling terkenal, yaitu ketika Nabi Yunus berada di dalam perut ikan paus. Ketika itu Nabi Yunus berdoa dan memohon dengan sungguh-sungguh kepada Allah SWT, sehingga beliau selamat tanpa luka sedikitpun.

Ternyata doa-doa tersebut juga menjadi doa yang sangat baik bagi ibu hamil sebagai wujud pengharapan atas keselamatan. Adapun mengenai doanya seperti tercantum dalam QS. Al Anbiyaa ayat 87 – 88 yang berbunyi, “Dan (ingatlah kisah) Dzun Nun (Yunus), ketika ia pergi dalam keadaan marah, lalu ia menyangka bahwa kami tidak akan mempersempitnya (menyulitkannya), Maka ia menyeru dalam keadaan yang sangat gelap: “Bahwa tidak ada Tuhan selain Engkau. Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku adalah termasuk orang-orang yang zalim.” Maka kami telah memperkenankan doanya dan menyelematkannya dari pada kedukaan. dan Demikianlah Kami selamatkan orang-orang yang beriman.” (QS. Al Anbiyaa : 87 – 88).

Dalam kondisi yang gelap dan tak berdaya, Nabi Yunus merasa pasrah dan tidak tahu apa yang harus diperbuatnya agar bisa keluar dari dalam perut ikan paus. Nabi Yunus pun mengakui dosa-dosanya dan memohon ampunan serta keselamatan kepada Allah SWT. Lantas, mengapa doa-doa tersebut dianjurkan bagi wanita hamil?

Seperti yang sudah disebutkan pada ulasan diatas tadi, bahwa kehamilan adalah salah satu anugerah terbesar dari Allah SWT kepada kaum wanita. Namun, tidak semua wanita bisa mendapatkan anugerah yang indah tersebut. Doa ibu hamil tercermin dari Nabi Yunus yang menunjukkan kepasrahan dan menjadi wujud fungsi iman kepada Allah SWT.

Begitu juga dalam kondisi hamil, yang tentunya kita harus berpasrah diri bagaimanapun kedepannya dengan tetap berusaha sebaik mungkin. Pasalnya, ibu hamil tidak bisa menentukan apakah ingin anak laki-laki ataukah anak perempuan. Meski sekarang ini sudah bisa memprediksi jenis kelamin bayi dalam kandungan melalui alat USG, namun semua itu kembali lagi pada kuasa Allah SWT.

Seorang ibu hamil yang rajin membaca doa Nabi Yunus tentang harapan dan kepasrahan kepada Allah SWt, maka kan mendapatkan kehamilan yang berkah hingga proses persalinan yang lancar. “Doa Dzun Nun (Nabi Yunus) ketika ia berdoa dalam perut ikan paus adalah: Laa Ilaaha Illaa Anta Subhaanaka Innii Kuntu Minazh Zhaalimiin (Tidak ada Tuhan yang berhak disembah kecuali Engkau, Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku adalah termasuk diantara orang-orang yang berbuat aniaya). Sesungguhnya tidaklah seorang muslim berdoa dengannya dalam suatu masalah melainkan Allah kabulkan baginya.” (HR. Tirmidzi no. 3505 – hadits shahih).

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *