Sudah Tahu Cara Mencuci Tangan yang Benar? Yuk Simak Disini Ulasannya

  • Whatsapp

sudah-tahu-cara-mencuci-tangan-yang-benar-yuk-simak-disini-ulasannya

Pandemi virus covid-19 di Indonesia membuat pihak pemerintah memberikan instruksi yang tegas untuk dilakukan masyarakat yang ada. Salah satunya adalah dengan melakukan kegiatan mencuci kedua tangan setelah memegang benda benda tertentu untuk memutus rantai dari virus tersebut. Namun tahukah Anda mengenai cara mencuci tangan yang baik benar? Berikut ini mari simak penjelasannya.

Read More

Beragam Hal yang Harus Anda Perhatikan Saat Membersihkan dan Mencuci Tangan

1. Gunakan Sabun untuk Membasmi Kuman

Salah satu hal yang harus Anda perhatikan adalah terkait penggunaan sabun yang ada. Dengan menggunakan sabun diketahui dapat membuat kuman di kedua tangan menjadi terangkat. Hal ini disebabkan karena adanya kandungan senyawa yang mengikat kedua molekul minyak dan air dalam waktu bersamaan. Kandungan tersebut pula yang mengikat kuman yang terdapat pada tangan seseorang.

cuci-tangan-dengan-sabun-cair-warna-merah-dalam-botol-warna-putih

2. Cuci Kedua Tangan dengan Waktu yang Dianjurkan

Para ahli kesehatan telah memberikan anjuran untuk mencuci kedua tangan selama kurang lebih 15 sampai 30 detik. Pihak pusat pengendalian dan pencegahan penyakit juga memberikan anjuran untuk memperbanyak busa dari sabun yang ada. Dengan gesekan yang dilakukan saat melakukan hal tersebut diharapkan mampu mengangkat adanya kotoran di bagian kulit tangan. Lakukan pula langkah langkah ini di bawah air yang mengalir.

cuci-tangan-dengan-sabun-batang-warna-putih-tangan-berbusa

3. Ikuti Langkah yang Dianjurkan WHO

Cara mencuci tangan yang sebaiknya Anda lakukan adalah cara yang sesuai dengan anjuran dari WHO. Pastikan seluruh bagian tangan, mulai dari jari, sela sela jari, dan kuku telah bersih dengan sempurna saat melakukannya. Setelah mencuci kedua tangan, Anda juga harus mengeringkannya untuk menekan jumlah kuman yang berkembang di tangan tersebut. Untuk membuat tangan tak terkontaminasi lagi, Anda juga bisa mematikan kran air dengan siku.

Sebagai salah satu upaya dalam menghadapi pandemi yang ada saat ini adalah dengan cara rajin mencuci atau membersihkan tangan. Untuk hasil yang optimal, pastikan telah mengikuti prosedur yang diberikan oleh pihak WHO. Misalnya adalah membersihkan dengan sabun di air mengalir dan juga membersihkannya seluruh bagian pada tangan selama beberapa detik yang dianjurkan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *