Tidak Melulu Uang, Berikut 3 Ide Donasi Selama Masa Pandemi

tidak-melulu-uang-berikut-3-ide-donasi-selama-masa-pandemi

Pengangguran di Indonesia sudah menjadi rahasia umum yang susah untuk ditangani. Terlebih ketika pandemi corona mulai masuk sejak awal 2020 silam. Banyak masyarakat yang terkena PHK, stop bekerja dan banting setir ke bidang lainnya. Seperti pindah dengan membuka usaha jual masker kain sebab melihat peluang permintaan yang sedang tinggi-tingginya.

Pada Februari tahun ini saja sudah ada peningkatan sebanyak 60.000 orang dari tahun sebelumnya. Pastinya sampai pertengahan tahun ini jumlah pengangguran meningkat drastis. Melihat fakta di lapangan, banyak gerakan donasi dari lembaga maupun komunitas. Baik itu yang dipelopori orang terkemuka atau anak muda yang tergerak hatinya.

Ide Donasi

Kebutuhan sebagian besar masyarakat Indonesia selama pandemi ini sebenarnya tidak berbeda jauh dari biasanya. Mulai dari kebutuhan sandang, pangan hingga papan. Selain uang, berikut ide donasi yang bisa Anda berikan kepada masyarakat yang membutuhkan selama pandemi ini.

1. Paket Kesehatan

Anjuran untuk menggunakan perlengkapan kesehatan selama era new normal ini mengharuskan setiap orang harus membeli perlengkapan tersebut. Untuk membantu masyarakat memenuhi hal tersebut Anda bisa berdonasi berupa paket kesehatan untuk mereka.

Paket kesehatan tersebut dapat berisi hand sanitizer, sarung tangan, vitamin. Face shield dan masker. Akan lebih baik jika memberikan lebih dari satu masker. Sebab masker menjadi perlengkapan paling penting yang wajib digunakan saat keluar rumah. Jika Anda menginginkan untuk mendapatkan yang lebih murah Anda dapat membeli dalam jumlah banyak sekaligus ke orang yang jual masker kain baik online maupun offline.

2. Sembako

Kebutuhan rumah tangga tidak akan pernah berhenti meskipun pandemi berlangsung. Kebutuhan seperti beras, teh, minyak dan gula akan selalu diperlukan. Oleh sebab itu, Anda dapat berdonasi dalam bentuk sembako. Anda dapat membeli setiap kebutuhan tersebut secara terpisah di tempat grosir. Kemudian kombinasikan dengan seimbang dan bungkus dalam plastik atau kardus yang kuat untuk menghindari benturan.

3. Makanan

Anda juga dapat berdonasi makanan kepada orang yang membutuhkan. Harga makanan selama pandemi memang tidak mengalami kenaikan, namun sebagian besar pekerja di jalanan lebih memilih untuk menghemat uang makan untuk keperluan rumah. Oleh sebab itu, lebih baik Anda berdonasi makanan dan juga bisa dilengkapi dengan pasangannya yaitu minuman.

Untuk menggalang donasi tersebut Anda dapat mengajak teman untuk membantu dan membuka donasi secara umum. Kemudian buatlah laporan pengeluaran uang yang Anda gunakan untuk membeli sembako sebagai transparansi kepada donatur. Selama memberikan donasi pastikan Anda juga mengenakan masker dan perlengkapan kesehatan lainnya. Jika Anda lupa membawa masker, belilah di orang yang jual masker kain di pinggir jalan. Sekian ide donasi selama pandemi ini, semoga bermanfaat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.